Sandisk Extreme SSD Review


Halo, untuk tulisan kali ini, saya tulis dengan bahasa indonesia ya. Untuk Blog tentang review akan saya bahas tentang Hardisk yang baru saya beli, yaitu Sandisk Extreme SSD. Dalam usaha fotografi, media penyimpanan merupakan salah satu bagian workflow terpenting dari pekerjaan saya sebagai fotografer. Kuantitas foto yang saya edit juga bisa mencapai ratusan bahkan ribuan dalam 1 project, maka dari itu kecepatan merupakan salah satu hal yang terpenting. Disisi lain saya masih menyimpan data RAW & JPG dari pertama kali belajar foto dari sekitar tahun 2008 dan juga backup dari kamera Handphone dll masih ada semua. Saya sangat concern sekali pada data, apalagi data klien yang sangat berharga. Untuk workflow akan saya bahas khusus di blog saya yang lainnya :)


Berikut adalah hardisk yang saya gunakan, diantaranya 3.5” 2TB, 3TB, 3TB, & 8TB

Hardisk tersebut biasa saya gunakan untuk penyimpanan dan backup saja. Sedangkan hardisk yang saya gunakan sehari-hari biasanya menggunakan HGST Touro 7200 Rpm 1TB yang sudah berumur cukup lama sekitar 3 tahun. Itulah mengapa saya membeli hardisk SSD portable ini dengan alasan kecepatan diatas, meskipun harganya tidak murah yaitu sekitar 2.3 juta untuk 500GB nya.


Hardisk ini dilengkapi dengan kabel berukuran pendek USB-C to USB-C yang dilengkapi dengan converter USB-C to USB-A. Sebenernya masih banyak di pasaran yang jauh lebih cepat dari hardisk ini mencapai speed 2500Mbps keatas, tapi dengan gadget yang saya miliki, masih support hanya USB 3.0 saja, sehingga daripada terjadi bottleneck, kecepatan 450Mbps ini sudah jauh lebih dari cukup. Jika anda memiliki gadget jaman sekarang yang sudah memiliki USB 3.1 atau thunderbolt dan juga cukup dana untuk membeli hardisk external, mungkin bisa dipertimbangkan yang memiliki koneksi USB 3.1 atau thunderbolt supaya lebih maksimal. Setelah membeli hardisk ini, saya langsung memformatnya ke format APFS untuk kompatibilitas dengan komputer mac saya, dan juga bisa diindex lebih cepat dibandingkan dengan format lain. Berikut adalah beberapa alasan saya membeli produk ini :

1. Kecepatan read & write yang tinggi


Gambar diatas adalah perbandingan kecepatan HDD Imac 27" 2012, macbook air 2013 & Sandisk Extrem SSD. Di macbook air & imac saya terbaca sekitar 450Mbps read & write. Bila dibandingkan dengan hardisk internal dri imac 2013 saya yaitu hanya berkisar antara 90Mbps saja. Program yang paling banyak saya gunakan adalah lightroom dan photoshop. Speed yang cepat sangat membantu untuk preview serta render file, selain itu jika saya sedang copy data dari memory card ke komputer juga menjadi lebih cepat. Sebagai referensi, kamera yang saya gunakan adalah 5D mark IV yang 1 file RAW nya 30 megapixel dan memiliki ukuran sekitar 30-50 MB. Sebagai perbandingan, saya mencoba copy 10GB RAW file ke SSD ini, membutuhkan waktu 80 detik saja, sedangkan jika copy ke hardisk internal imac, membutuhkan waktu 200 detik.

2. SSD Tahan banting SSD (solid state drive) bisa diumpamakan seperti flash disk, yaitu di dalamnya tidak ada piringan yang berputar seperti hardisk pada umumnya, sehingga untuk mobile, lebih tahan goncangan (misalkan bila sedang copy data di mobil).

3. Bodynya yang kecil dan ringan


Dengan body yang ringan, bahkan sedikit lebih kecil daripada kartu kredit, SSD ini mudah dibawa dan dengan bahan karetnya, jadi lebih tahan terhadap goresan. Saya tidak perlu lagi takut untuk menaruh di dalam tas kamera atau tas laptop, tidak takut tertindih, goncangan dsb.

Selain kelebihan diatas tentunya ada juga kekurangan dari SSD ini, yaitu datanya yang cenderung susah untuk direcovery apabila terjadi sesuatu pada hardisk. Selain itu dengan umur pemakaian juga makin lama akan semakin lambat karena sistem kerja SSD sendiri yang berbeda dengan Spinning HDD pada umumnya.

Mengapa saya membeli merk Sandisk ini?

Saya sudah melihat-lihat merk lain juga, diantaranya adalah samsung T3, cuma saya memutuskan untuk membeli sandisk ini karena bahan dari body nya yang dari karet sehingga lebih tahan terhadap goresan. Sebenernya ada juga produk lain yang bagus yaitu merk Gtechnology. 1 Brand dengan western digital yang sudah terpercaya dari dulu dalam urusan hardisk, dan merk ini merupakan merk untuk Hardisk Professional gradenya yang tentunya pasti sangat bagus performa dan build quality nya, cuma saya sudah terlanjur membeli Sandisk ini, jadi mungkin baru kedepannya saya akan menggunakan Gtech ini (karena 500GB sudah pasti kurang). Omong-omong untuk hardisk G-technology ini sendiri, Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi saya juga. dari Hardisk biasa, sampai untuk server tersedia semua.

Regards,

yedija luhur

yedija.photo@gmail.com 081316800062

#hardisk #reviewblog #review #photographerequipment #sandiskextreme #SSD #hardiskSSD

23 views
  • https://www.instagram.com/yedijaluhu
  • YouTube - Black Circle
  • Facebook - Black Circle