Review Sony CD900ST

Updated: Feb 7

Kalian tau 1 channel ini? https://www.youtube.com/channel/UC9zY_E8mcAo_Oq772LEZq8Q

ya, aku khilaf karena melihat channel tsb dan melihat headsetnya. Ini adalah salah satu headset yang cukup special karena supplynya yang terbatas dan hanya made in Japan. Dimana spesialnya?| headset ini di develop oleh "Sony Music Studio" dan khusus made in japan, tidak seperti headset2 sony lainnya normalnya di develop oleh "Sony Music Entertainment". Headset ini diproduksi tahun 1989 oleh CBS Shinanomachi Studio yang sekarang menjadi studio milik sony. Baru pada tahun 1995 headset ini di release ke publik dan hingga sampai sekarang, desain ini tidak berubah sama sekali, dan suaranya juga. Jadi sekitar 30 tahun lebih.


Sony MDR CD900ST dikemas dengan packaging yang sangat sederhana hanya menggunakan bahan karton. Headset ini sangat favorit di Jepang sendiri. Biasanya digunakan di studio music di Jepang. Headset ini tidak memiliki garansi sama sekali, jadi kalau ada masalah, kalian harus mengirim ke Jepang lagi untuk diperbaiki atau mungkin bisa saja ke toko2 audio di kota kalian jika masalahnya hanya minor seperti kabel misalkan. Berikut adalah list spesifikasi dari headset ini :

Impedance : 63 Ohm

Driver unit : 40 mm

Input : 1000 mW

Sound Pressure sensitivity : 106dB

Frequency : 5-30.000 Hz

Cord Length : 2.5 meter

Weight : 200 gr

Material : Plastic Headset ini terbuat dari plastic yang memiliki kualitas tinggi. Untuk Jack nya sendiri menggunakan jack 6.5mm karena sebenernya untuk studio music. Jika kalian ingin mendengarkan di handphone atau laptop kalian, harus menggunakan converter 6.5mm ke 3.5mm. Di sisi lain karena impedance nya yang tidak begitu besar, jadi bisa digunakan langsung tanpa menggunakan ampli. Saya sudah menggunakan di iphone maupun macbook tanpa masalah sama sekali.


Untuk padding earnya terbuat dari busa yang dibalut dengan kulit dan tidak terlalu tebal jika dibandingkan dengan headset lainnya. Tetapi disitulah terletak karakter suara dari headset ini (at least ini yang temenku di jepang bilang). Jika paddingnya sudah mulai rusak, kalian bisa membeli padding milik SONY CD7506ST karena memiliki jenis yang sama. Headset ini tidak memiliki fitur yang modern seperti auto enhancer, noise cancellation, detachable cable, dll yang kekinian karena memang teknologi yang digunakan pun masih dari tahun 1989.




KARAKTER SUARA : Suara yang dihasilkan dari headset ini lebih ke vocal. Jika kalian menyukai lagu2 ballad, cover lagu, headset ini sangat rekomen banget. Konon katanya headset ini sudah di tune sedemikian rupa sehingga suara vocal yang dihasilkan sudah menyesuaikan dengan pelafalan bahasa jepang. Karena bagian vocal & mid nya yang sangat maju, headset ini menjadi kurang cocok jika digunakan untuk mendengarkan lagu2 pop yang full band, EDM, rock, metal, atau lagu2 yang sangat menonjolkan banyak instrumen. Meski begitu suara yang dihasilkan tetap masih ditolerir dan diatas dari headset2 pada umumnya. Headset ini tidak menimbulkan kuping sakit dan aku sendiripun sudah mencoba menggunakan headset ini selama 6 jam nonstop pun, kuping masih tidak sakit meskipun dengan suara yang cukup besar juga, tidak menjadi pecah.



PRICE : Saya membeli headset ini dengan harga 16.500 Yen, yaitu sekitar 2.2 juta dengan nitip teman saya disana. Untuk biaya pengiriman sekitar 300ribu menggunakan EMS, dan di Indonesia juga kena bea cukai sekitar 200rb an dari PT POS Indonesia. Saya sendiri banyak menggunakan headset ini khususnya untuk video editing. Karena jiak menggunakan headset bluetooth biasanya ada delay sekitar 2-3 frame. Sedangkan headset yang menggunakan kabel itu lebih reliable.



18 views0 comments