Cara memilih studio foto


illustrasi memotret di studio ©yedijaluhur2018

“Dimana saya harus memotret?” pertanyaan tersebut tentunya yang paling pertama muncul setelah anda menentukan model / objek yang akan difoto. Menentukan lokasi memotret terkadang menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orang, dan apalagi jika tinggal di Indonesia, Jakarta khususnya, semua tempat sudah menjadi komersial. Bahkan tempat umum seperti kompleks rumah, taman, jalan raya, pasar, dsb pun sudah di”komersialisasi” oleh beberapa pihak, baik itu oleh pribadi maupun sebuah instansi.


Tentunya semuanya kembali ke konsep dan tujuan masing-masing fotografer dalam memotret. Apakah saya harus foto outdoor atau indoor ?

Jika indoor apakah saya membutuhkan studio atau bahkan tempat seperti rumah makan & cafe cukup ? Memotret di dalam studio pun menjadi salah satu opsi. Keuntungan yang didapat dari memotret di dalam studio diantaranya adalah :


1. Total Ambience Control Salah satu keuntungan pemotretan indoor di dalam studio yaitu tidak terpengaruh oleh cuaca, waktu dan cahaya. Hal ini sangat penting terutama untuk foto komersial yang membutuhkan presisi cahaya, apalagi dalam waktu yang lama. Hujan panas, siang malam, atau angin, kita tetap dapat mengontrol semua aspek tersebut. Selain itu di studio kita juga bisa mengatur dekorasi dan set sesuai dengan keinginan kita.


Total ambience control ©yedijaluhur2019

2. Total lighting Control

Pencahayaan merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika kita membutuhkan cahaya yang stabil dan presisi. Memotret dalam studio, kita dapat mengontrol sendiri arah, bentuk, intensitas, warna, dan kualitas cahaya.

illustrasi Total lighting control ©yedijaluhur2016

3. Convenience Mood selama pemotretan lebih mudah diatur dalam pemotretan studio dibandingkan outdoor. kendala tertentu seperti jumlah orang, umur, ataupun beberapa kondisi lain akan lebih mudah jika pemotretan dilakukan di dalam studio.

Convenience ©yedijaluhur2019

4. Privacy Terkadang kita membutuhkan space personal dan studio merupakan salah satu cara yang terbaik. Misalkan untuk pemotretan fashion & konsep tertentu yang cukup explicit jika dilakukan di ranah publik, dan juga pemotretan komersial yang melibatkan orang penting atau artis, tidak akan terganggu oleh paparazzi atau orang luar.

Olif at anici studio ; privacy ©yedijaluhur2019

5. Biaya dan Kecepatan Terkadang memotret outdoor membutuhkan biaya lebih untuk perijinan lokasi, pungli, dan biaya lain-lain yang tidak terduga, belum lokasi yang terkadang jauh untuk dicapai. Pemotretan didalam studio akan lebih mudah untuk mengontrol budgedting. Dari sisi kecepatan post production pun, akan lebih mudah, karena setelah photoshoot kita dapat langsung mentransfer foto/video.

illustrasi biaya dan kecepatan ©yedijaluhur2019

Opsi studio tidak hanya untuk fotografer. Untuk videografer pun dengan mengambil gambar di dalam studio akan mendapatkan keuntungan diatas. Bahkan di jaman sekarang banyak sekali scene film box office yang terkenal, mereka mengambil gambar di dalam studio hanya menggunakan green screen dan teknik Composite.

Nah, jadi apakah studio menjadi salah satu solusi memotret bagi anda? Jika tertarik untuk mendalami teknik foto di dalam studio, anici studio memiliki program pelatihan khusus yang bisa anda dapatkan secara privat ataupun group dengan waktu belajar yang fleksibel. Informasi lebih lanjut bisa cek disini ya


https://www.yedijaluhur.com/anicistudio-course

Thanks for reading ^^

0 views
  • https://www.instagram.com/yedijaluhu
  • YouTube - Black Circle
  • Facebook - Black Circle