top of page

Japan 2023 Autumn Trips - Guide, Tips, and Tricks

Hello guys, akhirnya aku selesai juga mengupload 14 video jalan-jalan ku selama di jepang kemarin. Kalian sudah lihat belum? nanti kalian bisa cek video-videonya dibawah ya untuk jalan-jalan virtual dan cerita aku selama disana.



Di blog ini, aku akan spill sedikit perjalanan dan budgetku kesana. Pertama aku membeli tiketnya sudah sejak bulan mei untuk berangkat di bulan november dan aku juga mendapat harga yang cukup murah, yaitu cuma sekitar 7.5 juta per orang sudah PP menggunakan ANA secara direct. dan tiket shinkansen nya 3 juta per orang untuk 7 day pass (waktu itu belum naik ke harga 5 juta). Untuk hotelnya kita menginap di budget yang semalam sekitar 1-1.5 juta jika dirata-rata, kecuali penginapan di ryokan yang memang lebih mahal karena termasuk lunch dan dinner. sedangkan untuk cadangan cash disana, kita menyiapkan sekiat 200.000¥ per orang yang akhirnya juga sisa. Jika ditotal mungkin kalian butuh sekitar 25 Juta per orang minimal supaya enak jalan-jalan nya.


Sampai di jepang, hal yang pertama harus kalian siapkan adalah Suica/Pasmo. Kebetulan aku masih punya kartu suica dari sejak 2016 lalu yang masih berlaku di 2023, jadinya tidak perlu. tapi biasanya di tourist information di bandara, kalian bisa juga mendapatkan pasmo pass yang berlaku selama 28 hari saja, tapi tidak bisa di refund, tentunya dengan desain yang lebih lucu.


Selain itu, persiapkan HP kalian dan selalu bawa powerbank yang selalu terconnect ke google map, karena untuk navigasi aku 80% menggandalkan google map, sedangkan 20% nya membaca signage dan brosur disana. Signage disana sangat lengkap sekali dan mudah dipahami, terutama di stasiun-stasiun besar.


Untuk bahasa sendiri, kebanyakan orang Jepang tidak mengerti bahasa inggris, apalagi yang kompleks. Kalau cuma basic biasanya mereka masih tau. Kalau kalian membutuhkan informasi seputar tempat wisata, kalian bisa mengunjungi tourist information center, disana biasanya mereka

bisa berbahasa inggris. Selain itu, kalau memang perlu banget untuk berkomunikasi, kalian bisa mencoba menggunakan google translate, yang di translate ke bahasa jepang. Biasanya mereka cukup mengerti.


Jika kalian mau jalan-jalan dengan santai, jangan bawa pakaian banyak-banyak, mending kalian cuci sendiri pakaian disana, banyak kok coin laundry, harganya berkisar 300-500¥ untuk mencuci dan 100¥ untuk mengeringkan selama 30 menit. Jika kalian travel berdua, dengan membawa 2 tas ukuran cabin size, kalian bisa share loker yang ukuran besar untuk 2-3 koper kecil dengan harga berkisar 700¥ per hari, jadi kalian tidak cape bawa-bawa barangnya.


Untuk musim-musim tertentu, ada baiknya kalian membeli pakaian dingin di jepang karena harganya lebih murah jauh (bisa 50-70% lebih murah, daripada beli di indonesia dengan kualitas yang setara.


Untuk makanan jangan khawatir karena di jepang cenderung mudah mencari makan, terutama di minimart (setiap minimart pasti menyediakan bento). Yang sulit adalah makan pagi, karena hampir semua restaurant pasti buka di jam 10-11 pagi.. jadi kalau kalian mau bepergian pagi hari, ada baiknya malam harinya, mempersiapkan makanan bento dari minimart, lalu pagi tinggal di microwave. Budget makan disana berkisar antara 600-1200¥ sekali makan untuk basic food seperti sushi, ramen, bento. Jika kalian ingin yang lebih mahal seperti wagyu dkk, baru bisa mencapai puluhan ribu ¥


Bersiap-siap juga selama di jepang, kalian akan menaiki banyak sekali anak tangga dan berjalan sekitar 20-30 ribu langkah per hari. Jadi pastikan kaki kalian kuat, cukup makan, dan alas kaki yang enak untuk jalan.


Untuk cuacanya sendiri di bulan november akhir berkisar antara 4-10 derajat di outdoor, jadi pastikan kalian menggunakan pakaian dengan layering dan jaket. Kalau kalian sudah kedinginan diluar, trick nya yaitu kalian bisa masuk ke minimart / gedung / stasiun untuk menghangatkan diri.


Perhatikan juga hari libur di jepang, karena biasanya untuk weekend dan tempat-tempat wisata di jepang akan sangat crowded juga, bukan hanya dipenuhin turis, tapi juga orang lokal yang sedang berlibur. Apalagi Jika kalian ingin ke tempat populer seperti Disney Land, USJ gitu pasti akan lebih ramai lagi.


Aku akan summary jadwal perjalanku disini. Untuk detailnya kalian bisa ikutin video jalan-jalan ku ya..


Day 1 : Sampai di tokyo, jalan-jalan di asakusa

Day 2 : Explore tokyo dari shinjuku gyoen, omotesando, shiubuya, kabukicho, dll..

Day 3 : Jalan ke Hakone sepagi mungkin dan meng-aktifkan JR PASS. lalu bermalam di Nagano.

Day 4 : Zenkoji temple, lalu lanjut ke matsumoto castle, lalu naik bisa menuju ryokan di dekat shinhotaka via yumoto onsen.

Day 5 : Main di shinhotaka ropeway lalu menuju ke takayama dan mengexplore takayama di sore dan malam hari.

Day 6 : Takayama morning market, Hida folk village di pagi hari, lalu lanjut ke kanazawa via toyama. Setelah main di kanazawa, lanjut ke kyoto dengan JR thunderbird

Day 7 : Arashiyama, kiyomizu dera, Geisha district & Gion

Day 8 : Kyoto morning market, Kobe herb garden, Wagyu, Dotonbori Osaka

Day 9 : Sightseeing Osaka, Osaka castle, Umeda sky building, Bermalam di Yokohama

Day 10 : Enoshima Island, Yokohama red brick house, ferris wheel

Day 11 : Yokohama Chinatown, Explore yokohama, Otw Roppongi christmas market.

Day 12 : Nikko Tochigi, Nikko world heritage

Day 13 : Akechidaira ropeway, Chuzenji lake, Nikko natural museum, Ashikaga flower park, bermalam di Asakusa lagi.

Day 14 : Tsukiji market, Hie Temple, Meiji jingu gaien, Shopping

Day 15 : Akihabara, shopping, back to Jakarta


Untuk itinerary ini sebenarnya kalian bisa terapkan juga tidak hanya untuk musim gugur, tapi di tiap musim masih cocok kok. dan bisa dibilang ini masih itinerary basic, belum sampai explore ke tempat yang hidden place.


Jangan lupa kalian subs channel ku dan ditonton sampai abis ya untuk meningkatkan watch time & channel ku bisa monetisasi. hehe..



























Dan bonus juga, selama aku di Jepang, aku hanya menggunakan Iphone 15 pro untuk 90% dokumentasi foto dan video. Tentunya bawa SSD external juga untuk backup data.



15 views0 comments

Comments


bottom of page